RESEP CARA MEMBUAT KUE DONAT GORENG

Cara membuat kue donat yang bagus (lembut dan mengembang) membutuhkan cara atau teknik yang benar. Dari pengalaman pribadi  kita akan bahas untuk cara membuat donat kali ini,untuk mendapatkan donat yang lembut dan empuk kita menggunakan bahan ragi sebagai pengembang atau pelembut adonan donat.

Resep Cara Membuat Kue
resep kue donat empuk

Mencampur adonan "Cara Membuat Kue Donat"  

cara mencampur bahan adonan donat penting untuk menghasilkan donat yang bagus. Mencampur adonan pertama memasukan air hangat dahulu kedalam mangkok lalu taburkan ragi kedalam mangkok tersebut  kemudian masukan adonan lain kedalamnya. Aduk dan campur hingga adonan lentur dan jika disentuh tangan tetap kering. Caranya mengaduk sambil ditekan-tekan atau seperti halnya anda sedang mencuci pakaian.

Suhu adonan donat tergantung dari air sebagai bahan adonan yang kita gunakan. Gunakanlah air hangat dengan suhu kurang lebih 26 sampai 28 ° C, sebaiknya air yang digunakan jangan terlalu panas. Air dan adonan yang terlalu panas akan membuat proses fermentasi ragi terjadi terlalu cepat sehingga akan membuat adonan donat  tidak bagus atau tidak lembut dan mudah gosong jika digoreng,donat yang sudah matang juga ukurannya tidak mengembang baik, tidak tahan lama dan justru membuat donat menjadi keras. Selain menggunakan air hangat anda juga bisa menggunakan susu cair hangat sebagai pencair, karena akan melembutkan dan menambah rasa donat menjadi lebih enak.

Proses fermentasi "Cara Membuat Kue Donat"


  • Proses ini penting untuk membuat adonan menjadi lebih lembut dan mengembang. Fermentasi sebaiknya dilakukan pada suhu dan tingkat kelembaban kamar. Gunakan kain sebagai penutup untuk menjaga kelembaban adonan dan didiamkan kurang lebih antara 1 hingga 1,5 jam, dengan begitu seharusnya adonan akan mengembang menjadi 2 hingga 3 kali lipat dari ukuran sebelumnya.


Pembuatan donat, ketika anda membagi donat menjadi bagian kecil-kecil untuk dijadikan bentuk donat pastikan adonan donat jika ditekan tidak kembali ke bentuk awal. Jika anda tekan adonan dan menunjukan adonan elastis dengan kembali ke bentuk awal, maka adonan anda belum siap untuk dibuat donat dan digoreng. Diamkan dahulu untuk memperoleh adonan yang empuk.

Penggorengan donat "Cara Membuat Donat"

Dalam proses penggorengan, suhu minyak menjadi penting supaya adonan bisa lembut dan matang dengan baik. Suhu yang ideal dalam menggoreng donat adalah 190 ° C. Jika anda tidak punya termometer untuk mengukur suhu minyak goreng, anda bisa melihat berapa lama waktu dibutuhkan hingga donat menguning keemasan. Suhu yang tepat akan membuat donat menguning keemasan yang menunjukan donat sudah siap dibalik memakan waktu kurang lebih 1 menit. Jadi butuh 2 menit untuk mematangkan donat di dua sisinya. Sebagai patokan jika kurang dari 1 menit sudah matang maka api terlalu besar dan jika lebih 1 menit api terlalu kecil.